Pages

Senin, 23 Juli 2012

tips menawarkan produk di sosial marketing


Social Marketing
Seperti kebanyakan artikel, sebelum ngobrol lebih jauh saya ingin coba jelaskan dulu dengan singkat apa itu Social Marketing. Social Marketing adalah suatu metode untuk memasarkan produk di internet melalui social network seperti facebook, twitter, friendster, myspace, dll. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa. 

Untuk bisa survive dalam memasarkan produk melalui social networking, kita
harus paham dulu dan memiliki mindset yang benarbenar berbeda daripada jika promosi menggunakan
search engine atau SEM (Search Engine Marketing). Mindset yang harus ditanamkan dalam menjaring
konsumen lewat social network adalah mindset rekomendasi. Jadi, selalu tanamkan dalam pikiran
bahwa anda sedang merekomendasi suatu produk.

Apa beda antara merekomendasi dengan menawarkan?

Saat anda menawarkan produk atau jasa, biasanya anda tidak peduli apakah mereka butuh atau tidak.
Anda hanya menawarkan produk. Kalau beli syukur, kalau ndak beli ya gpp masih ada yang lain. Biasanya
dengan cara ini, kita cenderung mencari prospek sebanyak mungkin. Dan biasanya lagi dari sekian
banyak prospek itu, kita cuma mendapatkan pembelian kurang dari 10%nya.
Tapi jika anda menawarkan, maka anda hanya mencari orangorang yang sedang butuh saja. Saat
menemukannya, anda baru menawarkan produk. 

Biasanya dengan cara ini, anda cenderung terlihat
passive (walaupun sebenarnya lebih aktif daripada melakukan penawaran). Prospek yang direkrut
biasanya juga tidak terlalu banyak. Untuk hasil yang didapat, biasanya bisa mendekati 10% bahkan lebih.
Saat anda mencoba bermain di social marketing, maka teknik paling mudah adalah teknik menawarkan.
Anda bisa memantau status temanteman anda sehingga anda tahu apa yang mereka butuhkan. Selain
itu, member komentar di status temanteman anda, juga bisa membuat kedekatan anda dengan mereka
semakin baik.
Nah, bila dalam statusnya mereka butuh sesuatu dan kebetulan anda tahu produk yang pas untuk itu,
anda bisa mulai mencoba memberi penawaran.
Memang cara ini akan terkesan melelahkan, tapi biasanya hasil yang didapat juga lumayan. ☺

Friend = Fun

Saat kita bersocial networking, sangat penting untuk selalu tetap fun apalagi saat anda sedang
merekomendasikan sesuatu. Bahkan sebisa mungkin, jadikan social network sebagai bagian dari proses
meningkatkan kepercayaan diri.
Semua orang suka teman yang menyenangkan, yang mau mengerti keadaan kita. Nah, kita harus
menjadi teman yang seperti itu. Bukan teman yang baru datang kalo ada masalah atau lagi butuh
downline doang. Teman seperti ini adalah teman yang menyebalkan bukan?
Gak pernah ketemu, gak pernah say hello eh.. tahutahu datang nawarin bisnis arisan berantai atau
MLM, cape deeh..
Jadi, walaupun mungkin anda tak mampu mendapatkan pembeli melalui social network, setidaknya
pastikan anda menjadi teman yang baik bagi temanteman anda. Maka, tatkala ada teman dari temanteman
anda membutuhkan sesuatu yang kebetulan anda jual, maka dengan senang hati mereka akan
mengantarkannya kepada anda.

Tunjukkan Anda adalah Masternya

Ada banyak topic di dunia ini. Dan anda cukup menjadi master di satu topic saja. Pelajari hal itu sampai
mendalam sehingga pertanyaan sesulit apapun siap anda jawab. Tentunya anda tak perlu menunggu
hingga menjadi master dulu sebelum memulai bersocial networking. Anda bisa langsung jalan keduanya.
Sambil bersocial network sekalian minum air .. eh.. belajar.
Targetnya hanya satu saat ada yang menanyakan suatu topic tertentu orang harus langsung ingat anda.
Contoh sederhana adalah saat anda butuh air minum dalam kemasan, merk apa yang pertama kali anda
bayangkan? Biasanya akan menjawab Aqua. Ini berarti aqua telah berhasil menjadi master di bidang air
minum dalam kemasan.
Walau anda mungkin tak bisa menjadi sebesar Aqua atau sebesar para master yang ada sekarang,
pastikan saja anda yang terbaik dalam bidang itu disbanding temanteman anda. Kalau perlu di kelas
anda, andalah yang terbaik. Kalau bisa, di sekolah andalah yang terbaik dalam bidang itu.
Betapa beruntungnya temanteman anda punya seorang master di deretan temantemannya. Mereka
inilah embrio fans berat anda. Merekalah yang akan menjadikan anda besar di kemudian hari. Apalah
artinya para artis sekarang tanpa adanya fansfans yang rela berjejalan menanti kehadirannya. Jadi, mari
kita ulang langkahlangkah bersocial marketing:
1. Ubah pola pikir dari menawarkan ke merekomendasi
2. Jadilah teman yang terbaik
3. Jadilah master dalam bidang yang anda senangi
Gimana? Mantap nggak?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About